Jumat, 01 Februari 2013

Pengalaman interview kerja? :D

udah lama banget ga nulis dan nyolek2 rumah ini,
hari ini abis bebersih dan janji akan nulis terus yaa, amiin (mdh2an terlaksana :p)

yup, hari ini tanggal 1 februari,
bulan ke dua di tahun 2013.
gmn januari mu?
oh ya, gw punya cerita salah satu pengalaman gw di bulan januari kemarin
tepatnya tanggal 29 januari 2013 gw dipanggil oleh satu bank swasta di Indonesia.

hari itu pagi nya sih lumayan deg2an ya, 
soalnya ini pertama kali nya gw nyobain interview kerja,
pagi dateng jam 8, kira2 yang dateng interview juga ada sekitar 30 orang-an.
kita di kumpulin dalam 1 ruangan, pertamanya dijelasin Company Profile perusahaannya,
trus lanjut psikotest, sampe enek2, karena psikotes nya sampai 9 tahap, 
*heu, gini banget ye mau kerja, udah pusing duluan :p

selesai psikotes sekitar jam 1, trus kita suruh kumpul lagi jam 2 di ruangan yang awal,
finally di umumin lah siapa yang lulus dari psikotes itu,
dari 30 orang, yang lolos psikotest cuma 9 orang, dan itu termasuk gw, 
*cieeeeeeee, ngerasain juga deh wawancara kerja yaa :p
*maklum kalo di bisnis gw Oriflame mau join kaga pake di interview dulu soalnya* :p

Giliran gw nih yang dipanggil sama pihak HRD nya si bank P***n itu :p 
pas masuk ruangan, pertamanya sih deg2an ya, tapi akhirnya biasa aja,
dari pengalaman gw kemarin,
interview kerja itu ya di tanya CV lo,
walaupun baru sekali, nih gw mau kasih sedikit tips nya :
- kalau di tanya keluarga, ya jawab aja yang jujur (jujur itu nilai tambah)

- kemarin gw juga ditanya apa sih kelebihan kamu?
(naah, kalau di tanya kayak gini jangan minder, justru ini daya jual lo, sebutin semua yang lo bisa, kemahiran lo, karena bisa jadi nih ini kesempatan lo bergaji besar kalo memang kelebihan lo banyak dan oke)

- JANGAN GUGUP, santai aja, HRD itu juga manusia kok, makin lo santai, makin enak jawabnya, dan biasanya dari sini dia menilai kepribadian lo. (sotoy gw :p)

- dari interview kemarin sih di tanya juga pengalaman kerja dan organisasi, nah buat yang fresh graduate kayak gw, sih gpp, ga usah takut kalo ga punya pengalaman kerja, banyak juga kok perusahaan yang mau nerima fresh graduate, yang belum pernah beroranisasi sama sekali, coba deh ikut organisasi yang lo sukain, itu juga nilai tambah, karena dari sana lo bisa diliat bisa ga bekerja dngn tim dan bersosialisasi.

- selebihnya pertanyaannya standart kok, seputaran pribadi dan CV aja, so? untuk temen2 yang belum pernah interview or mau interview, ga usah pake deg2an dan takut, santai aja, kalo lo santai pasti more better deh hasilnya :p

setelah selesai interview, HRD nya bilang kalau nnti akan di hubungin lagi keputusannya apakah di terima/tidak.
saran lagi nih, menurut gw : Kerjalah di tempat yang lo suka, ga pake beban, or paksaan, karena kalo lo udah suka sama kerjaannya, seberat apapun kerjaanya pasti lo happy2 aja, beda kalo dipaksa nanti yang ada bawaannya pengen resign muluuu *denger curhatan temen* :p
Jangan Misuh2 kalo kerja, supaya berkaah :D

segitu aja mungkin sedikit pengalaman dan cerita gw kemarin tentang interview kerja.
kalo gw sih sekarang ini masih mau fokus Oriflame dulu deh, ijazah ga pake di tahan, kerja bisa sambil tiduran di kasur, pake bb, fb, twitter tapi gaji ga kalah kok sama pekerja kantoran, bahkan bisa ngelebihin manager2 perusahaan, mau jg? langsung hub gw ya, yuk yang mau langsung gabung join Oriflame terbuka lebar, tanpa harus kirim CV, surat lamaran, dan ga ada ketentuan harus S1 dari Universitas Terkemuka (huehehhehehehe :p)


ini gw lampirin foto aye pas lg berangkat, *narsis dikiittt 


First time interview :D

1 komentar:

Anonim mengatakan...

hmm boleh juga nih cerita pengalaman kerjanya, berbagi cerita lo disini yuk http://goo.gl/d4Fcdg, tapi daftar dulu sblumnya yah disini http://bit.ly/1tAYHn9